Friday, May 08, 2015

Asumsi Oregairu v1

"Padahal kupikir kamu bisa mengerti"
"Aku benci dengan caramu"
Sambil nunggu episode 6 rilis(bentar lagi) mungkin bisa baca ini dulu. Saran saya sih baca ini dulu sebelum lanjut nonton episode 6.

Seperti post Spyro di kyakka...


Jadi, soal kalimat "Padahal kupikir kamu bisa mengerti" kemarin ternyata bikin banyak yang penasaran. Kalimat yang diucapin Yukino itu aslinya enggak menunjuk kepada siapa pun alias tanpa subjek, mungkin emang disengaja sama Watari di novelnya.
Men-translate kalimat itu mentah-mentah bakalan jadi sulit, apalagi sambil mempertegas kalimat itu sendiri.
Berhubung saya fansnya Spyro, dan kebetulan Spyro itu lebih ngebandingin translate-an novelnya sama translate-an anime dari Commie(keliatan dari reviewnya dia di episode-episode sebelumnya), jadi ya saya ngikutin Spyro dan Commie, memberi subjek pada kalimat itu.

(Di bawah ini cuma asumsi liar saya yang sebagian berasal dari asumsinya Spyro, saya pikir asumsi dia yang paling masuk akal, asumsi dari sudut pandang Yukino, karena novel oregairu itu modelnya FPS, jadi pemikiran suatu karakter selain Hachiman itu semuanya cuma asumsi, no spoiler intended.)

Pertama, Yukino membenci yang namanya superficiality, dan seharusnya Hachiman pun juga.

Superficiality ini memiliki arti yang luas, susah jelasinnya, mungkin kalo dicontohin bisa jadi: 
"Saat kamu ngeliat gebetan kamu lagi jalan-jalan sama cowok lain, kalian saling berpapasan dan kamu cuma bisa pasang raut wajah kalem yang aslinya kokoro kamu hancur berkeping-keping, ngobrol biasa sambil ngeledek doi punya pacar baru."
Atau saat kamu menilai buku dari sampulnya saja, itu udah termasuk sikap superficial.
Itulah superficiality, yang saya pikir berhubungan dengan suatu penampilan, hal yang tampak, yang muncul, sifat yang dikeluarkan, atau semacamnya. Khawatir dengan gaya rambut atau pakaian kalian saja udah bisa disebut superficial.

Dalam Oregairu ini, arti superficial menurut saya itu lebih menunjuk kepada sifat, dan dengan melihat cerita yang terjadi dalam Oregairu ini, superficial, menurut saya, berarti kepura-puraan. Yaitu kepura-puraan dari "Berteman sekedar formalitas klub saja"

Saya men-translate itu dengan kata "kebohongan", seperti kalimat Yukino dalam episode 3 "Kukira kamu dan aku paling membenci kebohongan", karena kepura-puraan memang dasar dari kebohongan, atau sebaliknya.

Itu baru Yukino yang menunjukkan ekspresi kebenciannya pada hal itu, bagaimana dengan Hachiman?

Dia menunjukkan ekspresi kebenciannya dalam episode 2, saat dia mencoba beralibi pada Yui di saat dia sendiri sadar kalau dia keliru. Meski begitu, dia tetap mengaku(pada dirinya sendiri) kalau dia lah pembohong terbesar.

Maka seperti yang saya tulis di awal, sudah jelas kalau Yukino dan Hachiman membenci hal itu.

Jadi kepura-puraan/kebohongan apa yang dibenci Yukino?

Yukino merasa hubungan mereka bertiga hanyalah simbol status Klub Relawan, dia ingin tahu apa persahabatan mereka bertiga bisa terus lebih jauh lagi dari hanya sekedar teman satu klub. 
Yukino ingin persahabatan yang tulus, persahabatan tanpa suatu paksaan ikatan dari Klub Relawan saja.

Ini dimulai ketika Hachiman memilih untuk "berkorban" demi menyelamatkan kelompok Hayama. (Mungkin Hachiman enggak ngerasa dia berkorban, melainkan hal yang memang sudah dia lakukan sejak dulu, tapi bagi orang lain? Itu adalah suatu tindakan social suicide, seperti yang dikatakan Komachi, mungkin yang mengerti dengan Hachiman hanya adiknya sendiri, orang lain tidak akan bisa mengerti)

Cara yang dipakai Hachiman untuk menyelesaikan permasalahan kelompok Hayama ini termasuk sikap superficial/kebohongan, begitu juga dengan cara Hachiman mempertahankan status hubungan Klub Relawan, seperti yang dilakukannya pada Yui^.
Yukino pun jadi ragu apakah Hachiman menganggap kelompok Hayama dan Klub Relawan itu sama. Apakah Hachiman menganggap Yui dan Yukino itu hanya sekedar teman satu klub.

Masalah pemilihan ketua OSIS ini menjadi kesempatan bagus bagi Yukino untuk mencari tau, jika dia pergi mengajukan diri sebagai ketua OSIS dan terpilih, apa mereka masih bisa tetap bersahabat, dengan kegiatan klub yang pasti akan sepi nantinya?
Di sini lah hal yang tidak dimengerti oleh Hachiman, dan di sini lah Yukino kecewa padanya, tidak cuma pada Hachiman, tapi pada Yui juga.

Yukino ingin Yui dan Hachiman mengerti dengan dirinya, tapi mereka berdua terlalu sibuk dengan kelangsungan Klub Relawan. Yukino pun menyerah, dengan alasan ingin menemui Hiratsuka, dia pergi memberi senyum yang janggal di akhir episode.

(Sekali lagi ini cuma asumsi liar, setuju ato enggaknya terserah kalian. Sebenernya saya juga mau minta asumsi dari seorang cucundoweh, translator LN dari seh-terra, tapi dia udah lama enggak nongol di dunmay, yang berarti menjadi akhir dari proyek joinan Shigatsu bersama Zensub.)
Kalo masih ada yang ngeganjel bisa tanya di kolom komentar di bawah.
Sebenernya masih banyak asumsi yang mau saya tulis, seperti arti dari lirik-lirik di opening dan yang lainnya, tp udah kepanjangan, sampe sini aja.

Share

& Comment

54 comments:

  1. mantap..sedikit tercerahkan.. sy juga sebenarnya menacari bahasa yg pas untuk mengambarkan apa yg sebenarnya yukinon dan hachiman benci.. ternyata istilah itu juga bisa yah...

    ReplyDelete
  2. ini hanya asumsi saja, jd jangan diaggap serius awkoakoakwk... iya juga sih bikin penasaran dibalik kata" itu,

    ReplyDelete
  3. Yukino cundele ? :v

    ReplyDelete
  4. Adit Si Arbes Tok8 May 2015 at 18:57

    Intinya Yukino ingin mengetes persahabatan mereka

    ReplyDelete
  5. Danang Prasetyo8 May 2015 at 19:52

    Maaf ikutan nimbrung, klo menurut ane yg dibenci Yukino itu cara 8man yang selalu menggunakan kebohongan untuk menyelesaikan masalah. Jika 8man slalu menggunakan kebohongan tentu dia akan di cap bad man ssama lingkungan tentu itu bukan masalah bagi 8man yg gak peduli pendapat lingkungan, tpi itu pasti berdampak buruk juga bagi orang2 yg deket sama 8man. Kemungkinan Yukino takut klo itu terjadi bakal mmbuat lingkungan jdi takut mendekati 8man yg membuat dia semakin jadi forever alone, ane ingat waktu 8man pertama kali masuk klub relawan, Yukino menerima permintaan Hiratsuka sensei untuk merubah tabiat penyendiri 8man dan sampai skrng itu masih menjadi tugas Yukino atas permintaan Hiratsuka sensei. Klo terkait kata2 Yukino, menurut ane sebernarnya Yukino udah tau perihal tweet palsu yg dibuat 8man. Dan lagi2 8man melakukan kebohongan untuk menyelesaikan tugas klub relawan. Maaf klo sok tau itu sekedar imo ane.. ^_^. Sukses terus buat AIASUBS.. AIASUBS GANBATE.. AIASUBS GANBATE.. AIASUBS GANBATE..

    ReplyDelete
  6. andika kangen band8 May 2015 at 20:10

    bro admin, sering nongkrong di thread kaskus Oregairu?


    debat panjang tuh kemarin soal kalimat itu...


    artinya memang ambigu sekali, baik translate LN eng, LN jepang dan translate fansub, makanya memunculkan banyak asumshit panjang "apa maksud ucapan Yukino"

    ReplyDelete
  7. iya silent reader :v

    ReplyDelete
  8. tepatnya kepura-puraan, krn kebalikan dari honmo/ketulusan, tp ya gitu, ane perluas jd kebohongan

    ReplyDelete
  9. hmm menurut ane yukino udah sadar sejak s1, klo ngerubah Hachiman itu hal yang aneh, tp ya asumsi tetep asumsi, tq dukungannya

    ReplyDelete
  10. Hm... pendapat ane hampir sama dgn admin dah...:3

    apalagi klo sampai Yui & Yukinon tahu apa yg 8man sedang lakukn sekarang.......>_<
    bakaln makin dalam dah konfliknya.....:v

    ReplyDelete
  11. Adit Si Arbes Tok8 May 2015 at 21:42

    Setelah membaca asumsi ini, ane yg awalnya berpikiran "ngapain itu Yuki ikut pemilihan ke tua Osis, mungkin dia menjalankan tugas dari Iroha."


    Sekarang sadar ohh rupanya Yukino punya tujuan lain toh.
    Ribet kalo di pahami omongannya '3'

    ReplyDelete
  12. Nikmatin aja alurnya ngapain dibikin pusing :p

    ReplyDelete
  13. kaskuser_inside9 May 2015 at 00:23

    superficiality diartiin kebohongan(?) pfffffffffffffffffftt :v
    admin ngelawak, ye??

    ReplyDelete
  14. terima kasih, penjelasannya sangat membantu

    ReplyDelete
  15. kaskuser_inside9 May 2015 at 01:25

    superficiality: orang yang berpikirnya hanya selangkah (gak mau ribet), orang yang suka ngejudge sesuatu dalam 1 hal.


    kalo admin ngartiin superficiality yang notabenenya bahasa inggris jadi kebohongan/kepura-puraan ane rasa admin perlu kursus bahasa inggris deh.

    ReplyDelete
  16. ya, bisa termasuk, kayak contoh saya di atas: "Atau saat kamu menilai buku dari sampulnya saja, itu udah termasuk sikap superficial."

    tapi dalam asumsi saya, bukan hachiman yang sedang menilai/judge atau berpikir selangkah

    dalam asumsi saya, superficialnya termasuk sifat, sifat hachiman dalam menanggapi Klub Relawan

    perasaan ada yang ngejelekin saya ngetranslate anime terlalu literal dan enggak ngeliat kondisi anime trsb, dan di sini saya coba buat ngerti.

    dan superficial, seperti yang saya bilang tadi, memiliki arti yang luas

    ReplyDelete
  17. ya, bisa termasuk, kayak contoh saya di atas: "Atau saat kamu menilai buku dari sampulnya saja, itu udah termasuk sikap superficial."

    tapi dalam asumsi saya, bukan hachiman yang sedang menilai/judge atau berpikir selangkah

    dalam asumsi saya, superficialnya termasuk sifat, sifat hachiman dalam menanggapi Klub Relawan

    perasaan ada yang ngejelekin saya ngetranslate anime terlalu literal dan enggak ngeliat kondisi anime trsb, dan di sini saya coba buat ngerti.

    dan superficial, seperti yang saya bilang tadi, memiliki arti yang luas..

    ReplyDelete
  18. kaskuser_inside9 May 2015 at 01:37

    yaudah mending dengerin audio aja... kebohongan/kepura-puraan jauh banget, sedangkan audionya hyoumen.... jauuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhh


    ya kalo pengen liberal ya pake otak juga dong...

    ReplyDelete
  19. kamu nyuruh saya dengerin audionya? kamu sendiri dengerin ga?

    馴れ合い

    dari yang sudah(lagi) saya jelasin di atas, saya ini fans nya spyro, dan spyro lebih ngebandingin translate an sama commie
    dan itu aslinya bukan superficial, saya memakai kata itu karena commie memang pake itu, dan memang bisa masuk ke dalam cerita, tapi saya juga campurin hasil translate an commie (superficial) sama spyro (the act of getting along)

    ReplyDelete
  20. plus kamu ga perlu pake bait-bait kayak "perlu kursus bahasa inggris" atau "liberal pake otak" juga


    saya udah cukup umur buat enggak kena bait semudah itu

    ReplyDelete
  21. kaskuser_inside9 May 2015 at 01:52

    yaudah coba tonton episode 4 menit 10:55. entar keliatan letak kesalahanmu di mana. :v
    pffftttttt

    ReplyDelete
  22. apa? pas hayama ngoceh" di depan dayone? apa hayama itu termasuk dalam klub relawan? dengan hayama bilang hachiman itu akrab sama mereka berdua, terus aslinya mereka emang akrab, enggak kan? hubungan mereka lagi di ambang kehancuran, dan itu malah mempertegas asumsi saya, mungkin di luar mereka keliatan akrab, tapi di dalamnya enggak,
    jika saja kalau saya bilang kamu sikap kamu ini tolol/bodoh, terus kamu ini beneran tolol/bodoh? enggak kan?
    dan itulah kepura-puraan/superficiality menurut saya

    atau memang kamu salah ngasih episode dan menitnya?

    ReplyDelete
  23. kaskuser_inside9 May 2015 at 02:05

    Commie: Could you stop judging books by their cover and running your mouth?

    HS: Could you stop making selfish comments \Nafter making only surface judgments?


    ketika kata-kata Hayama lu ganti jadi Kebohongan.... bayangkan hasilnya........
    pfffffffffffft :v
    konyol gak? :v

    ReplyDelete
  24. ini udah oot,lama" udah gak jelas
    bahkan kalimat yukino dan hayama pun berbeda, yah, enggak beda-beda banget
    nareai dan hyoumen itu berbeda, yah, enggak beda-beda banget, kalau diibaratin:
    SUPERFICIAL
    / \
    / \
    nareai hyoumen
    kembali ke kata" saya di atas(lagi)
    superficial memiliki arti yang luas

    ReplyDelete
  25. kaskuser_inside9 May 2015 at 02:24

    makanya itu, elu kalo mau ngesub itu butuh pemikiran panjang, perkataan hayama itu bersangkut-paut dengan yukino, ya kalo lu gak bisa cari sinonim dari perkataan hayama buat yukino, ya minimal lu bisa samain perkataan mereka.
    kalo gak mau ambil risiko terjemahin secara literal, kalo mau liberal ya yang masuk akal dong. contoh: mereka memakai kata "superficial" di yukino, tapi makai cover books buat hayama, nah itu kan sinonim. lu coba kalo bisa cari sinonim sampul buku, kalo gak bisa, ya samain aja jadi sampul buku.
    ngesub itu seperti rel kereta api, ketika relnya lu putusin makanya hancurlah kereta api tersebut beserta para penumpangnya.



    dan saya kasih tau lagi, kalo memang "menurut" lu superficial memiliki arti luas, tapi coba lu bayangin kalo entu kata diganti ke "kebohongan" dan dimasukkan ke kalimat, konyol gak? (walaupun menurut gue gak luas-luas amat sih, setidaknya google terjemahan udah bisa ngasih tau apa maksud dari kata itu).


    intinya di sini lu cuma menghindari kesalahan aja sampai-sampai lu nyangkutin kebohongan, kepura-puraan, sampul buku, superficial. pfffffffffft :v
    LOL

    ReplyDelete
  26. kaskuser_inside9 May 2015 at 02:44

    premis dan konklusi lu sama sekali gak nyambung.
    memang premis buat kepala itu rada nyambung.
    kalo buat premis itu pake otak juga dong.

    udah gini aja deh gue mau tanya audience bila perlu yg fasih berbahasa inggris, cocok gak superficiality diartiin menjadi kebohongan?
    atau audience serta leecher sini,
    woiiii kalian tau gak "kebohongan" itu maksudnya otak udang yg suka ngejudge hanya dari satu sisi????!!!! atau gue toleransi dikit deh jadi "kepura-puraan"
    kalo tau jawab sini, gue mau tau orang jenius mana yg bisa ngudeng bahasa lu.
    pffffftt

    ReplyDelete
  27. yah, kemarin tiba-tiba nenek ane bilang sama ane, "emang udah sifat manusia, enggak ada yang mau ngalah" kirain ada apaan tiba-tiba ngomong begitu
    ternyata nongol di sini
    sekedar info aja, di sini kalo bukan waktu updatenya yahari pasti sepi, mungkin cm 1-2 orang yang tahan di chatango
    mungkin saat update yahari selanjutnya, ini post bakalan tenggelem

    ReplyDelete
  28. kaskuser_inside9 May 2015 at 02:55

    perkataan nenek lu juga berlaku buat elu. nah, ini buktinya lu buat pos ginian buat ngehindari kesalahan yg udah terlanjur lu buat "kebohongan" di episode sebelumnya kan? pfffffffft :v

    ReplyDelete
  29. memang, klo ga berlaku terus saya apa dong? curut?
    hell, saya bikin post ginian pure jelasin asumsi dari spyro

    ReplyDelete
  30. kaskuser_inside9 May 2015 at 03:01

    iya maksud gue ngejelasin asumsi dari spyro gara-gara gak nyambung dengan "kebohongan" elu, ngaku aja deh... iya kan?

    ReplyDelete
  31. nope, kebanyakan dari yang baca ini pun udah bisa mengerti hubungan antara kebohongan dan superficiality, tanpa saya jelasin lebih lanjut dari yang ada di postingan ini, mungkin ga semuanya nongol di sini, kebanyakan lewat chat fb

    ReplyDelete
  32. kaskuser_inside9 May 2015 at 03:09

    udah deh, belajar bahasa inggris lagi sana.

    ReplyDelete
  33. iya om kaskuser, tidur gih, nanti dibanguninnya susah

    ReplyDelete
  34. susah klw mo ngerti pikiran dua karakter itu,, sbb dua dua ny itu, arti bicara ny beda dgn yg dikatakan,
    tp emang karakter paling bagus dan keren utk anime tema sehari hari, ndak kekanak kanakan, dan juga terlalu naif dewasa nya, semua pikiran nya logika, ndak ada keajaiban serta kekonyolan dalam karakter yukiono dan hachiman,

    anime paling bagus dah yg di ambil AIA team

    ReplyDelete
  35. AIA, translate ligh novel doong, di light novel nya dahh makiin seruu tuu hubungan yukinoxhachimanxharuno hahaha,

    ini anime ny sampai event acara natal aja...
    season 3 bakal ndak mungkin ya kyk nya, novel aja baru sampai buku 11, dah ini udab sampai buku 9 ,
    sejauh
    gw baca sampai buku 10, buku 10 paling bagus dan ngejelasin ttg yukino
    dan keluarganya, apa lagii di situ banyak muncul haruno [kakak ny
    yukino] , benar benar seram itu keluarga yukinoshita

    ReplyDelete
  36. wah novel panjang" bikin pusing wkwkw
    katanya sih, vol 9 bakal kerangkum semua di episode 10, sedangkan yahari ada 13 episode, 3 episode sisanya gatau deh apa, gantung bgt nanti ceritanya klo vol 10 diadaptasi juga

    ReplyDelete
  37. ok min stelah bca ini udh agak ngerti critanya...
    dr mslh 8man "mengorbankan diri" utk menyelamatin prshbtn mreka..
    sma sprti dy nyelamatin yukino d festival budaya S1 itu dgn cara ngorbankan diri jg..
    dgn cara yg sma jd yukino nganggep prshbtn mreka sma sprti klompok hayama bgtu?

    ReplyDelete
  38. bikin perbab aja ngerjaiin ny, satu bab satu bab aja :) kan jadi ringan :)
    mungkin siii 1buku bisa di rangkum dlm 3episode,
    tp dilihat dr opening ny, kan akhir opening ny itu pas musim salju gitu, kyk ny pasti pas event natal, dan utk buku 10 itu masalah tentang hayato, dan di opening nya ndak ada nampilin khusus hayato gitu,,
    mungkin setelah event natal selsai , oregairu ngambil event sampingan kyk yg ada di drama CD ny mungkin :)

    ReplyDelete
  39. iya, di episode 6 juga udah keliatan tuh, pas 8man ngobrol sama si kaori

    ReplyDelete
  40. ada novel lain sih yg pengen ane kerjain, qualidea scum and gold blablabla, tp masih nunggu frog-kun dr nanodesu mulai ngerjain itu


    iya jadi nutup kemungkinan vol 10 juga diadaptasiin
    mudah"an aja sisa episodenya ngambil dari drama cd itu, jadinya ane tinggal copas dr hasil kerjaan drama cd kemarin wkwk

    ReplyDelete
  41. Akii Schwarz IX13 May 2015 at 02:53

    masih berlaku kah ikut nibrung ini, yah sekedar menyatakan pendapat

    itu yang kata" superficial yang bahasa jepang nya Nareai apa bukan?

    ReplyDelete
  42. iya nareai, yang aslinya artinya bukan itu, kebetulan superficial punya artian luas yg salah satunya bisa mengartikan nareai itu, makanya commie pakai kata superficial

    di novel lebih ke "the act of getting along/getting along just for show"

    ReplyDelete
  43. oh jadi maksudnya "padahal kupikir kamu bisa mengerti" itu kayak "padahal kukira sudah cukup jelas" hohoho... emang sih kalo dikasi subjek jadinya kalimat itu kayak ditujukan khusus buat hachiman, tapi pas subjeknya dibuang kalimat itu bisa ditujukan ke hachiman maupun yui dalam artian service club secara keseluruhan ya... hmm

    ReplyDelete
  44. iya bisa dibilang begitu, tp menurut ane aja sih, yukino lebih nyindir ke hachiman, soalnya di sini yui itu cuma... gimana ya... ikut-ikutan hachiman gitu...

    ReplyDelete
  45. yui dimana2 labil perasaaan...
    jadi kira2 yang yukino rasain itu kayak "you don't really get my point", pantes keliatan makin kayak orang kebingungan di epi 6

    ReplyDelete
  46. cukup panjang wkwk
    awalnya asumsi saya emang sama persis kayak asumsi km, tapi entah kenapa abis baca-baca asumsinya spyro ini jadi berubah pikiran

    ReplyDelete
  47. Akii Schwarz IX16 May 2015 at 02:36

    awalnya pengen nulis dikit tapi malah keterusan, itu aja malah pas nulis kl gak di liat lagi bisa keterusan lebih panjang lagi, yah setidaknya point penting nya sudah tertulis.

    ReplyDelete
  48. Haniezz Angga Pramono21 May 2015 at 09:27

    setuju sama fedrian shiyamuramdhan ini hanya asumsi saja, jadi jangan dianggap serius

    but sankyu min karena baca ini bisa jadi pencerahan heheehhe udah bolak balik download dari beberapa fansub masih tetep aja bingung sama alurnya akhirnya nyantol disini dan kemarin download ulang lagi :D
    setelah semalem nonton ulang malah ane ngartiin "kebohongan" ini dengan maksud "pembodohan" seperti kita bertingkah bodoh untuk meredakan suasana yang ganjil meskipun kita sama sekali g peduli dengan semua itu namun kita udah bosen ngeliatnya dari pada itu makanya aku melakukan hal yang bodoh agar semua jenuh meskipun aku nanti dianggap tolol....hehehe seperti kata admin sih ini cuma asumsi liar saya saja :)...tapi sankyu min karena ini ane ngerti alurnya

    ReplyDelete
  49. iya kayak pas dia ngeliatin kelompoknya hayama di ep 6 klo ga salah,
    dia bingung kenapa ngeliatin mereka, tp di akhir 8man sadar, kelompok hayama punya sesuatu yang ga dimilikin klub relawan

    ReplyDelete

 

Aiasubs™ 2012-2016

Designed by Templateism